mercredi 11 janvier 2012

In Memorian Kenko

10 January 2012


tanggal 10 january ini, selalu jadi kenangan buat aku..

seekor anak anjing, yang lucu, yang menghibur, yang PINTAR, yang sangat sangat menggemaskan..
meninggal..
aku tau, ini lebay, ini alay, sedih dan nangis buat seekor anak anjing..
tapi, dia itu berharga..
yang mengucapkan selamat datang pertama kali adalah aku..
dan yang mengucapkan selamat tinggal pertama kali adalah aku..

seekor anjing kecil yang berusaha mati-matian untuk melahirkan seekor bayi anjing kecil ini..
sampai membawa nyawanya sendiri..
telah selamat dari maut, karena seekor bayi anjing kecil ini sudah berhasil keluar..
pada hari itu juga, ketika dia keluar, aku mengelus'nya dan bilang :

"selamat datang kenko"

(paling ini cerita cuma direkayasa) enggak ! sama sekali enggak, aku memang mengucapkan selamat datang kepada anjing kecil bernama kenko itu..
seiring berjalannya waktu, ken semakin pintar, dan semakin lucu..
dari semua anggota keluarga, yang paling sayang sama ken cuma aku..
yang mau ngerawat kenko cuma aku..
bukan berusaha untuk membanggakan diri sendiri, tapi, memang itu kenyataanya..

aku masih ingat, hari dimana kenko pertama kali masuk dapur..
lalu dengan teledornya, aku tinggal dia di atas..
mungkin, senggang antara lantai dapur dan ruang keluarga aku bilang pendek..
bagi kenko, itu maut..
dia terjatuh, dan yang jatuh adalah kaki kirinya duluan..
lalu kepalanya..
aku mendengar dia terkaing-kaing jatuh dari lantai itu..
aku lari, aku gendong dia, aku taruh dia di tempat tidur'ku..
aku ambil minyak, dan aku oleskan di pergelangan kakinya..
aku terus ciumi diah, dan terus menggendong dia kemanapun aku pergi..
aku buatkan susu untuk dia, dan biarkan dia berjalan, ternyata..
kaki'nya masih belom bisa di gerka'kan..
aku sampai sedih sendiri liat'nya..
aku biarkan dia tidur..
dan aku mhon kepada Tuhan :

"Tuhan, kasian kenko, biarkan kenko sembuh Tuhan"

selang 3 jam, aku lihat dia jalan..
akhirnya bisa..
aku senang + terharu + aah..campur aduk liat ken bisa jalan lagi..
dan, aku masih ingat..
dimana ken jadi bandeeeeel banget..
dia poop sembarangan, dan terpaksa aku harus mengelap poop ken dengan tanganku sendiri..
dia gigit tas aku sampai jebol..
yang bisa aku lakukan cuma ketawa..
saking lucu'nya dia, aku sampai tidak bisa marah..

dan, sampe pada akhirnya..
hari itu tiba..
ken terlihat lemas, ga berdaya..
ga bisa jalan..
aku gendong dia, aku peluk dia..
mamaku bawa dia ke dokter hewan, dan dokter bilang..
ken kena muntah ber..
ken sudah ga berdaya lagi..
dokter memberi segala macem obat..
sewaktu pulang dari dokter, dia baik" ajah..
ssudah sehat..
dan sudah bisa jalan..
dan, sewaktu aku pulang sekolah..
aku liat dia sudah membaik..
aku gendong dia dan aku pangku dia..
aku elus-elus kepalanya, aku ciumi kepalanya..
sampai pada akhirnya dia tertidur..

dan, ternyata..
aku tidak sadar.
dengan aku membuatnya tertidur..
aku mengantarkan ken Pulang..
kembali dimana dia diciptakan pertama..
aku coba memindahkan ken, dan membangunkan ken..
dan hasilnya nihil..
ken ga bangun, ken ga bergerak..
aku menangis dan memanggil mamaku..

"MA ! KEN UDH NGGAK ADA MA ! KEN UDH NGGAK ADA !"

mama cuma bisa melihat saja..
aku menggendong dia, aku peluk dia..
ga peduli tetangga dan orang-orang dengar dan melihat aku menangis..
aku ga peduli..
pertama, aku sempat nggak terima..
tapi, rasanya, Tuhan masih belom bisa mewujudkan permintaanku saat itu..
dan, akhirnya, mama menyuruhku untuk menguburkan ken..
untuk pertama dan terakhir kalinya aku mengucapkan :

"Selamat tinggal ken, jeane sayang ken, ken baik-baik disana"

aku meutup ken dengan pasir..
dan aku tetap menangis..
aku gamau kluar kamar..
gamau makan, cuma diem di kamar..
belum apa-apa, aku sudah kangen sama ken..
tapi, pada saat itu juga..
aku sadar..
sudah tidak ada ringkihan ken mau masuk kamar..
sudah tidak ada suara lucu yang dilakukan ken saat menggiggiti barang-barangku
sudah tidak ada ke usilan ken masuk kamarku tidak permisi dan poop disitu..
tidak ada lagi yang menemaniku tidur..
sudah tidak ada lagi, anjing kecil lucu, menggemaskan, PINTAR dan menghibur..

Selamat tinggal ken..
kenangan bersamamu, adalah kenangan terbaik yg aku pernah dapatkan..

In Memoriam..
Kenko 11. 11.11 - 10.01.2012



thanks for reading.. :*

1 commentaire: